Berarung Jeram Bersama Regulo Adventure

Artikel dibawah ini adalah artikel yang dimuat oleh Koran Duta, 17 Januari 2010, dan ditulis oleh Niken Yeni.

“Wisata arum jeram atau rafting semakin digemari masyarakat. Karena itu pula mulai bermunculan pengelola wisata ini di sejumlah kota di jawa timur. Satu di antaranya arum jeram Regulo yang berada di Dam 8, Desa Brabe, Kecamatan Moron, Probolinggo-sekitar 25 kilometer sebelah timur kota probolinggo, jatim. Di tempat ini, arung jeram tak hanya sebagai sarana rekeasi , tetapi juga sudah menjadi media olahraga air. Arung jeram Regulo menggunakan derasnya Sungai Pekalen dengan melintasi empat desa, yakni pesawahan, Brabe, Pajeuk, dan condong
Regulo adventure dibuka sejak 2002. Regulo merupakan operator wisata adventure dan pembelajaran luar ruang (Experintal Program) yang didirikan oleh para ahli di bidang wisata adventure ,di antaranya Lody Korua, Amalia Yunita, Ita Budhi, Agus Sudharmono dan Taufik Tri Wahyudi.
Pada awalnya berdirinya, Regulo Adventure yang juga dibidani oleh Adjie Massaid ini lebih banyak memfokuskan diri pada arung jeram. Sejalan dengan perkembangan minat pasar , Regulo Adventure juga mengembangkan produknya ke produk dan paket-paket wisata adventure lainnya selain arung jeram yaitu Simulasi Temputr/Paintball, Trekking, Sepeda/Cycling, Drifting dan Experiental Program. Seluruh kegiatan di sekitar sungai pekalen. Dam 8 merupakan pusat dari objek wisata petualangan dengan konsep “One Stop Adventure”.
Bagi para peminat wisata ini, untuk menuju lokasi, perjalanan darat bisa menggunakan semua jenis kendaraan, jika menggunakan kendaraan pribadi atau bahkan kendaraan jenis sedan pun bisa sampai ke lokasi Regulo Adventure karena seluruh akses jalan telah diaspal dengan menggunakan hot mix. Jarak tempuh dari Surabaya ke lokasi sekitar 3,5 jam. Dari Surabaya menuju ke arah probolinggo setelah itu perjalanan diteruskan lagi ke arah timur melewati Pantai Bentar, dari Pantai Bentar ke arah timur sekitar 10 km akan sampai pajarakan. Setelah itu masuk belok kanan kea rah selatan sekitar 8 km akan dijumpai signboard Regulo Adventure di sebelah kiri jalan dan setelah itu belok ke kanan sekitar 1,5 km untuk bisa sampai ke Regulo Adventure di Desa Berabe atau lokasi tepatnya di Dam 8. bila menggunakan kendaraan umum, dari terminal Purabaya- Surabaya naik bus antar kota jurusan ke probolinggo oper naik bus ke barah situbondo dan turun di pajarakan naik angkot ke arah Tiris / Krucil dan turun di pertigaan Gading sebelum Pasar Condong. Setelah itu bisa naik ojek atau jalan kaki ke Regulo Adventure di Dam 8 yang jaraknya sekitar 1,5 km.”

Leave a comment