Tim Arung Jeram Indonesia Raih Juara III di China

“Tim Indonesia, yang sekali lagi di wakili Arus Liar Group (Regulo dan Arus Liar), sekali lagi menunjukkan taji nya di level dunia. Simak saja reportase berikut ini. Atau simak langsung di sumbernya di www.faji.org ” Em En Rizal

Tim arung jeram kembali menorehkan prestasi dengan menduduki peringkat III dalam kejuaraan arung jeram “2010 China International League Cup”.Kejuaraan yang diikuti 10 tim – tim arung jeram unggulan dunia serta 16 tim dari berbagai provinsi di China si selenggarakan di 2 sungai yaitu Sungai Amor yang merupakan perbatasan China dan Rusia serta sungai Yinchun yang merupakan salah satu tempat pariwisata arung jeram di belahan Utara China. Kegiatan yang di selenggarakan dari tanggal 9 sampai dengan 15 Agustus 2010 ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah China bekerjasama dengan perusahaan arung jeram setempat.

Setelah mencoba jalur lomba, hari berikutnya tim bertanding dengan interval 2 menit setiap group yang terdiri dari 6 tim. Tim Indonesia adu cepat dengan tim Great Britain sebelum akhirnya memimpin jauh meninggalkan tim Hungary, Belanda, New Zealand, dan Australia. Sungai lebar sejauh 12 km ini memiliki jebakan arus berputar hingga akhirnya tim hanya menduduki eringkat ke-5 dari 26 tim pada pertandingan hari pertama.

Pertandingan hari berikutnya dilakukan di sungai sempit sejauh 8 km dan peserta diberangkatkan setiap 30 detik. Tim Indonesia akan berangkat di urutan ke 5 sesuai dengan hasil hari pertama, berhasil menyusul 2 tim yang ada di depannya yaitu tim Great Britain dan Hungary. Tim Hungary merupakan peraih medali emas di kejuaraan dunia IRF World Rafting Champs yang diselenggarakan di Bosnia tahun 2009, sehingga merupakan catatan prestasi baru bagi Indonesia untuk dapat mengungguli tim tersebut. Akhirnya tim Indonesia memasuki garis finish bersamaan dengan tim Australia yang berangkat 2 menit lebih dulu.

Tim Indonesia berada sejengkal dibelakang tim Australia dalam perolehan total waktu dari kedua lomba tersebut tapi masih jauh tertinggal dari tim Czech yang kerap menjadi juara dunia arung jeram. Namun catatan prestasi yang istimewa bagi tim Indonesia untuk terus beranjak naik dan patut diperhitungkan di mata pengarum jeram dunia.

Sumber :

Amalia Yunita : Wakil Ketua Harian Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia

Chief Judge International Rafting Federation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: